TERIMA KASIH KEPADA SELURUH WARGA MASYARAKAT DESA JAGAMUKTI YANG TELAH BERPARTISIPASI AKTIF DALAM MENSUKSESKAN PEMILIHAN KEPALA KEPALA DESA JAGAMUKTI KECAMATAN SURADE TAHUN 2023, SEHINGGA BERJALAN LANCAR, AMAN DAN DAMAI SERTA SUKSES TANPA EKSES. SEMOGA MASA DEPAN DESA JAGAMUKTI LEBIH BAIK DAN SEJAHTERA. AAMIIN.

Aplikasi Penentuan Nomor Urut Calon Kepala Desa dan Nomor Doorprize atau Arisan


Dalam kegiatan Pemilihan Kepala Desa, salah satu tahapan yang dilakukan adalah Penentuan Nomor Urut Calon Kepala Desa. Ada beberapa cara yang dilakukan panitia Pilkades dalam menentukan Nomor Urut Calon Kepala Desa tersebut, diantaranya dengan sistem bahwa si Calon Kepala Desa mengambil Nomor Urut yang disiapkan oleh panitia yang dibungkus rapi atau juga sistem seperti arisan. Namun dari beberapa sistem tersebut sebetulnya sangat riskan adanya permainan antara panitia dengan calon kades tersebut yang menginginkan Nomor Urut tertentu.
Di sini saya mencoba membuat sebuah aplikasi sederhana untuk Nomor Undian Calon Kepala Desa. Walaupun sebetulnya bisa digunakan untuk undian yang lainnya.

Dengan aplikasi Nomor Urut ini diharapkan tidak adanya kecurangan antara panitia dengan para calon Kades dalam menentukan Nomor Urut dalam pemilihan kepala desa. Karena dengan aplikasi Nomor Urut ini, sistem komputer yang berjalan dan menentukan Nomor Urut tersebut.
Aplikasi Penentuan Nomor Urut ini telah mengalami beberapa perubahan (update) atas masukan-masukan dari rekan-rekan panitia pilkades. Atas masukannya kami ucapkan terima kasih.
Aplikasi ini selain untuk menentukan Nomor Urut Calon Kepala Desa, juga bisa digunakan untuk membuat Nomor Undian yang lainnya. Di dalamnya terdapat 3 buah sheet yang dapat digunakan.

Aplikasi ini menggunakan Excell Macro, sehingga untuk menggunakan administrasi ini agar bisa berjalan normal, silahkan baca artikel “Cara Mengaktifkan File Excel Berbasis VBA Macro”

Untuk masuk ke Aplikasi Penentuan Nomor Urut Calon Kepala Desa, masukan “User” dan “Password”
Setelah itu anda klik tombol “Nomor





Maka akan masuk ke sheet “Nomor









Pada sheet “Nomor Undian” ada 2 pilihan :
  1. Untuk menentukan Nomor Urut Calon Kepala Desa, maka anda gunakan atau anda isi pada baris “Jumlah Calon Kades”; anda isi jumlah calon kepala desa. Kemudian anda klik tombol “No Calon”
  2. Untuk menentukan Nomor Urut Undian atau untuk keperluan Doorprize atau Arisan atau apa saja deh yang kira-kira bermanfaat (yang penting jangan digunakan untuk Judi ya… saya tidak bertanggungjawab dunia akhirat apabila aplikasi ini digunakan untuk hal-hal yang bertentangan dengan agama dan negara.)

  3. Nomor Awal Undian; isi nomor awal yang akan diundi
    Nomor Akhir Undian; isi nomor akhir yang akan diundi

    Kemudian anda klik tombol “Undian-1” atau tombol “Undian-2” tergantung keinginan anda mau pakai yang mana.

Penentuan Nomor Urut Calon Kades

Pada sheet “Nomor Calon Kades” silahkan anda klik tombol yang diberi warna “Biru











Sehingga akan muncul seperti gambar berikut.













Sekarang aplikasi sudah siap digunakan. Dan mohon diperhatikan bahwa setelah aplikasi sudah siap digunakan maka jangan anda di coba dulu oleh panitia menekan tombol “Mulai dan Refresh” sebab akan langsung dibuatkan rumus Nomor Urut yang nantinya nomor urut yang oleh panitia hasil klik tadi tidak akan tampil oleh calon kepala desa. Jadi kalau sudah siap, sebaiknya langsung dipersilahkan kepada calon kepala desa untuk memulai menentukan Nomor Urut dengan mengklik tombol “Mulai”.
Namun apabila anda sebagai panitia sudah menekan tombol “Mulai" dan "Refresh” sebaiknya anda klik lagi tombol yang diberi warna biru untuk menetralkan rumus.

Apabila aplikasi sudah siap seperti dibahas di atas, maka langsung saja dipersilahkan kepada para calon kepala desa untuk menentukan Nomor Urut dengan memberi kesempatan untuk mengklik tombol “MULAI” untuk memperoleh Nomor Urut Calon, dan biarkan sistem komputer menentukan Nomor Urut tersebut berjalan hingga sistem berhenti mengacak Nomor Urut dan akan ditampikan tulisan “Nomor” dan Nomor Urut-nya, seperti gambar di bawah ini:



Dengan ditampilkannya tulisan “Nomor” dan angka dibawahnya, berarti calon kepala desa tersebut memperoleh Nomor Urut 1 (misalnya 1). Dan untuk melanjutkan anda sebagai panitia mengklik dulu tombol “Refresh” untuk mengembalikan angka ke angka 0 (nol) terlebih dulu. Setelah angka ke 0 (nol) maka anda persilahkan kembali calon kepala desa berikutnya untuk menentukan Nomor Urut dengan menekan tombol “Mulai”, dan begitu seterusnya.
Namun apabila ada calon kepala desa mendapatkan Nomor (0) dengan keterangan “DI ULANG” seperti gambar di bawah, maka anda persilahkan kepada calon kepala desa yang bersangkutan untuk mengulang menekan tombol “Mulai” hingga diperoleh angka Nomor Urut.



Penentuan Nomor Urut Doorprize atau Arisan

Apabila anda memilih model 1 dengan menekan tombol “Undian-1” seperti dibahas di atas.





Silahkan anda klik tombol yang diberi warna “Biru”, Sehingga akan muncul seperti gambar berikut.

Sekarang aplikasi sudah siap digunakan. Dan untuk nomor maksimal pada angka 999.
Tekan tombol “Mulai” untuk memulai menentukan nomor sampai muncul angka yang ditentukan sistem.
 
Apabila nomor sudah didapatkan maka anda klik tombol “Refresh” sehingga angka akan kembali ke angka 000 kemudian anda klik lagi tombol “Mulai” untuk memperoleh nomor berikutnya.
Untuk tombol “Undian-2” sebetulnya hampir sama dengan pada “Undian-1” hanya di sini angka yang ditampilkan menjadi 3 angka. Dan ini atas masukan dan permintaan dari rekan panitia untuk membuat nomor doorprize pada waktu kampanye.


Jadi hasil pengembangan dari aplikasi sebelumnya, nomor urut calon kepala desa yang dihasilkan tidak akan terjadi ganda atau double dengan nomor urut calon kepala desa yang diperoleh sebelumnya, dan bisa digunakan untuk membuat nomor doorprize.
Selamat Mencoba. Semoga kita sebagai panitia benar-benar memberikan yang terbaik.


Narasi Penentuan Nomor Urut (pdf)
Download
Download Aplikasi Penentuan Nomor Urut
Download
Download Password Login Penentuan Nomor Urut
Download


Catatan Selanjutnya
« Prev Post
Catatan Sebelumnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar yang membangun