TERIMA KASIH KEPADA SELURUH WARGA MASYARAKAT DESA JAGAMUKTI YANG TELAH BERPARTISIPASI AKTIF DALAM MENSUKSESKAN PEMILIHAN KEPALA KEPALA DESA JAGAMUKTI KECAMATAN SURADE TAHUN 2023, SEHINGGA BERJALAN LANCAR, AMAN DAN DAMAI SERTA SUKSES TANPA EKSES. SEMOGA MASA DEPAN DESA JAGAMUKTI LEBIH BAIK DAN SEJAHTERA. AAMIIN.

Aplikasi Penghitungan Suara Pilkades Versi Kab. Bandung Barat

Aplikasi Penghitungan Suara Pemilihan Kepala Desa ini merupakan Aplikasi Penghitungan Suara yang disesuaikan dengan Perbup Perbup Bandung Barat Nomor 35 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa.

Aplikasi ini berbasis VBA Macro Excel yang sangat sederhana sekali dan kami menyadari aplikasi ini masih banyak kekurangannya, namun kami berharap bisa membantu rekan-rekan panitia Pilkades dalam pelaksanaan Penghitungan Suara

Aplikasi penghitungan suara ini digunakan untuk merekap data hasil pemungutan dan penghitungan suara disetiap TPS. Adapun untuk aplikasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS dibuat terpisah atau bisa di baca di Aplikasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS_Versi Bandung Barat.

Jadi dalam prakteknya di lapangan adalah, pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan di TPS masing-masing oleh KPPS, kemudian hasilnya dibacakan oleh KPPS masing-masing di 1 tempat/di desa dan di rekap oleh Panitia Pilkades melalui Aplikasi Penghitungan Suara ini.

Informasi :

Pada tahun 2019, aplikasi ini telah diuji coba di 2 desa di kabupaten Bandung Barat dan Alhamdulillah hasilnya sukses dan memuaskan.Mohon maaf, nama dan foto calon yang asli saya tutup untuk menjaga privacy panitia dan calon.

Sumber : https://bpdciptaharja.blogspot.com


Dalam penggunaan aplikasi Penghitungan suara ini, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar bisa berjalan dengan normal.

  • Setiap membuka file ini aka aktif-kan dulu Security Macro Enable.

    Klik "Option" kemudian anda klik atau beri tanda pada pilihan "Enable this content" lalu OK, atau bisa dibaca pada artikel "Cara Mengaktifkan File Excel Berbasis VBA Macro"
    Untuk Office 2010 ke atas "Security Warning Macro has been disabled" lalu klik "Enable content"

  • Setting regional Komputer/Laptop ke regional "Bahasa Indonesia" bisa dibaca pada artikel "Cara Mensetting Regional Komputer"

  • Non-aktif-kan dulu fasilitas Simpan Otomatis, karena secara default, Ms Excel akan menyimpan dokumen secara otomatis setiap 10 menit sekali, dan ini akan mengganggu dalam penggunaan aplikasi perhitungan suara tersebut. Untuk menon-aktif-kan nya bisa dibaca pada artikel "Cara Menon-aktif-kan Menyimpan Otomatis Dokumen Excel"

  • Tutup/Klose semua aplikasi yang sedang dijalankan/dibuka, misal Ms Office, aplikasi Musik, Video, Internet, Corel, PhotoShop dan lain-lainnya. Jadi hanya aplikasi penghitungan suara ini saja yang aktif. Dan apabila anda sedang membuka aplikasi Ms. Excell, maka pada saat membuka aplikasi Penghitungan Suara, akan ditutup/Close secara Otomatis.

  • Install jenis huruf / font "Tally" bisa didownload jenis font Tally :

    dafont.com atau wfont.com atau 1001fonts.com
  • Setelah didownload, silahkan install di komputer/laptop. Cara menginstalnya bisa dibaca artikel "Cara Menginstall JenisHuruf / Font"

  • Tombol "Menu" atau gambar home untuk masuk ke Menu Utama

  • Gambar Print untuk print data

  • Tombol "Tampilkan Semua Data" untuk menampilkan semua data termasuk data yang kosong

  • Tombol "Hiden Data Kosong" untuk menyembunyikan data yang kosong agar tidak ikut ke print.

  • Tidak diperkenankan menghapus atau menambah (insert) baris atau kolom yang sudah ada

  • Tidak diperkenankan untuk menghapus nama sheet yang sudah ada

  • Tombol lain dibahas selanjutnya pada penggunaannya.

  • Untuk masuk ke Aplikasi, silahkan masukan User dan Password.


Langkah-langkah Penggunaan Aplikasi Penghitungan Suara

  1. Untuk setiap masuk ke sheet "Menu Utama" anda klik tombol "Menu".

    Di menu inilah anda bisa masuk ke setiap sheet yang diperlukan.

  2. Masuk ke Sheet "Data Utama" dengan meng-Klik tombol "Data Utama"

    Di Sheet "Data Utama" silahkan anda isi data-data yang dibutuhkan.

    Jumlah Surat Suara Yang Diterima Panitia; isi jumlah surat suara yang diterima oleh Panitia.

    Jumlah Hak Pilih (DPT); isi jumlah DPT sesuai dengan DPT yang telah ditetapkan.

    Jumlah Pemilih Yang Memberikan Suara; adalah jumlah Pemilih yang telah memberikan suaranya pada pemungutan suara (jangan dirubah) diisinya pada form rekap

  3. Masuk ke sheet "Calon Kades" dengan meng-Klik tombol "Data Calon Kades"


  4. Silahkan isi data-data calon kepala desa termasuk nama-nama saksi dari masing-masing calon. Untuk Nomor Urut, jangan dirubah (sudah otomatis), dan untuk baris terakhir khusus untuk "SUARA TIDAK SAH"(jangan dirubah).


  5. Masuk ke data Lokasi / TPS dengan meng-Klik tombol Lokasi/TPS/Dusun


  6. Karena di sini ada beberapa Lokasi pemilihan atau berdasarkan TPS atau pemilihan berdasarkan kedusunan, maka isi data Jumlah Hak Pilih berdasakan DPT setiap TPS tersebut sedangkan jumlah Pemilih yang telah memberikan Hak Pilihnya / jumlah pemilih yang telah mencoblos di setiap lokasi/kedusunan tidak perlu diisi karena di input dari form.

  7. Masuk ke sheet Hitung Suara dengan meng-Klik tombol Penghitungan Suara

  8. Pertama-tama anda klik tombol "Refresh" kemudian ganti photo calon kepala desa berdasarkan Nomor Urut. Untuk mengganti photo agar posisi dan lebarnya tidak berubah, silahkan baca "Cara Memasukan Gambar atau Photo di Excel dengan Ukuran Yang Sama" atau anda klik pada photo tersebut lalu klik kanan dan pilih "Change Picture"
    Dan untuk gambar atau photo untuk SUARA TIDAK SAH, bisa diganti sesuai keinginan saja atau biarkan saja yang jelas tidak ada photo dari calon.

    Mohon ma'af photo di sini tidak diotomatiskan, karena setelah saya coba ternyata dengan meng-otomatis-kan photo ada pengaruh pada kerja aplikasi agak lambat, makanya di manualkan untuk mengganti photo tersebut.

    Untuk ukuran photo sebaiknya anda buatkan ke ukuran maksimal 6 x 4 cm, jangan terlalu besar karena akan menjadi berat. Dan sebaiknya di kompres dulu di Photoshop dengan ukuran image size sekitar 100 pixel.

    Selain photo di sheet "Hitung Suara" anda ganti photo calon yang berada di sheet "Perolehan Suara Calon" dan "Suara Calon Per-Dusun/TPS"

  9. Input rekap suara, anda klik tombol "Input Rekap Suara"

  10. Apabila anda mencoba untuk simulasi aplikasi ini, kemungkinan ada beberapa data yang telah anda input. Dan untuk menghapus data-data tersebut, maka anda klik tombol "Hapus Data" maka semua data akan dihapus.

    Pada form Input Data ini ada beberapa pilihan, diantaranya :

    1. a. Pemungutan

    2. Pada menu ini ada beberapa data yang perlu diisi berdasarkan laporan dari setiap TPS, yaitu :

      • Jumlah Pemilih yang memberikan suara berdasarkan salinan DPT untuk TPS
      • Jumlah pemilih dari TPS lain (apabila ada)
      • Jumlah Surat Suara yang tidak terpakai
      • Jumlah surat suara yang dikembalikan oleh pemilih karena rusak.

      Untuk mengisi data tersebut, maka anda klik tombol "Tambah"


      Pilih dulu Nomor TPS yang akan anda input, kemudian anda isi data-data tersebut sesuai hasil laporan dari TPS. Setelah itu anda klik tombol "Simpan" maka akan secara otomatis data tersebut di simpan.

      Apabila ada kesalahan dalam menginput data tersebut, anda klik tombol "Edit"

      Lalu anda pilih dulu TPS yang akan di perbaiki.


      Kemudian anda perbaiki data yang akan diedit, setelah itu klik tombol "Simpan".

      Tombol "Batal" berguna untuk membatalkan perintah dan tombol "Hapus" yaitu untuk menghapus data yang telah anda input tapi hanya data "Rekap Hasil Pemungutan Suara" saja yang dihapus.

      Data yang anda input tadi akan masuk ke sheet "Lamp I BA"



    3. b. Data Pemilih


    4. Dalam Data Pemilih berisi Rekap Data Pemilih dan anda input berdasarkan laporan dari TPS, dan untuk penggunaannya sama persis dengan point 1 di atas, adapun datanya disimpan di sheet "Lamp II BA" point IV". Rekapitulasi Hasil dan Rincian Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Desa, a. Data Pemilih

    5. c. Penerimaan Surat Suara


    6. Dalam Penerimaan Surat Suara berisi Rekap Penerimaan Surat Suara dan anda input berdasarkan laporan dari TPS, dan untuk penggunaannya sama persis dengan point 1 di atas, adapun datanya disimpan di sheet "Lamp II BA" point IV. Rekapitulasi Hasil dan Rincian Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Desa, b. Penerimaan Surat Suara

    7. d. Surat Suara


    8. Dalam Tab Surat Suara merupakan Rekap Surat Suara yang terpakai Sah dan Tidak sah dan anda input berdasarkan laporan dari TPS, dan untuk penggunaannya sama persis dengan point 1 di atas, adapun datanya disimpan di sheet "Lamp II BA" point IV. Rekapitulasi Hasil dan Rincian Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Desa, c. Surat Suara yang terpakai suara Sah dan tidak sah

    9. e. Suara Calon


    10. Di Tab "Suara Calon" berisi Hasil Perolehan Untuk masing-masing Calon Kepala Desa termasuk Suara Tidak Sah dari setiap TPS. Jadi cara penggunaannya tetap sama dengan point 1 di atas. Dan setiap anda menyimpan perolehan suara maka akan ditampilkan perolehan suara dan grafiknya dari masing-masing calon (lihat contoh gambar pertama di atas)


    Dan untuk sheet yang lainnya sudah otomatis, kecuali Nomor surat atau Nomor Berita Acara, anda isi manual.

    Pada sheet "Calon Per-Dusun" anda bisa mengklik Nomor Dusun untuk melihat hasil perolehan Suara yang ditampilkan berupa "pagar/garis pagar" kata orang sunda mah "papageran".

    Namun apabila hasilnya seperti gambar di bawah ini, berarti anda belum meng-install jenis font "tally", silahkan install dulu jenis font "tally" seperti diuraikan di atas, atau bisa di baca di "Cara Menginstall JenisHuruf / Font"

    Pada sheet "Calon Per-TPS"


    Pada combo box TPS/Dusun,anda pilih Nomor Urut TPS tersebut sehingga akan ditampilkan perolehan suara Per-Calon dan Per-TPS tersebut.

    Apabila terjadi DRAW atau suara yang sama pada 2 atau lebih calon, maka untuk melihat pemenangnya anda masuk ke sheet "Simulasi Draw". Adapun ketentuannya berdasarkan Perbup Bandung Barat Nomor 35 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Pasal 55 sebagai berikut :

    • (1). Calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak dari jumlah suara sah ditetapkan sebagai calon Kepala Desa terpilih.

    • (2). Dalam hal calon kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari 1 (satu) orang, calon terpilih ditetapkan berdasarkan persebaran perolehan suara yang lebih luas di tingkat TPS.

    • (3). Persebaran perolehan suara yang lebih luas di tingkat TPS sebagaiaman dimaksud ayat (2) merupakan jumlah keunggulan suara calon kepala desa atas calon lainnya pada seluruh TPS dalam satu wilayah tanpa memperhitungkan jumlah perolehan suara pada masing-masing TPS.

    • (4). Dalam hal persebaran suara sebagaimana dimaksud pada ayat (3) sama maka calon kepala desa terpilih adalah calon yang memiliki keunggulan suara pada TPS dengan jumlah suara sah terbanyak.



    Anda pun bisa melihat perolehan suara per TPS yang di rekap dalam sheet "Rekap Suara"



  11. Print Data
  12. Pada sheet "Hitung Suara" klik tombol "Print Data"


    Beri tanda ceklist pada cekbox yang tersedia kemudian isi "Jumlah Print" lalu anda klik tombol "Print"
    Anda bisa langsung masuk ke sheet "Suara Calon" atau "Suara Per-TPS" dengan mengklik tombol yang tersedia. Adapun untuk print data lainnya, sudah disediakan pada sheet masing-masing dengan mengklik gambar "printer"


    Apabila anda masih mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi penghitungan suara tersebut, bisa menghubungi saya melalui email di baladaka@gmail.com atau melalui SMS/Telp/WA 0812 1984 3366

Mudah-mudahan saya bisa membantu dan terima kasih atas bantuannya.


Apabila anda ingin Aplikasi Penghitungan Suara Pilkades, sesuai dengan Format Lampiran Perbup / Format-format ditempat anda (seperti Berita Acara, Surat Keputusan dan format lainnya), dan atau anda ingin aplikasi Penghitungan Suara tinggal pakai maka silahkan kirimkan data-datanya. silahkan download data isiannya di sini...!! dan kirim juga photo Calon-nya.
Silahkan kirimkan Via WA 0812 1984 3366 atau via email baladaka@gmail.com


Narasi dalam bentuk pdf
Download
Download Aplikasi
Download


Catatan Selanjutnya
« Prev Post
Catatan Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

  1. Casino Tycoon, Slots & Dice - MapYRO
    Casino Tycoon is a top-notch casino themed around the theme and 순천 출장샵 gaming. It's 강릉 출장안마 themed 창원 출장샵 around 안양 출장안마 the game's main 김천 출장마사지 objective: to collect the loot.

    BalasHapus

Silahkan memberi komentar yang membangun